Senin, 22 Juni 2020

3 Resep Sukses Guru yang Pendiam dalam Mengelola Kelas


oleh : Dani Makhyar, M. Pd.

Anda seorang guru yang pendiam? Lho kok bisa? Ya bisa dong. Menjadi seorang guru kan tidak harus menjadi hak perogratif bagi mereka yang tidak pendiam saja bukan? Bagaimana rasanya menjadi seorang guru yang pendiam? Lalu, jika gurunya pendiam, apa jadinya suasana kegiatan belajar mengajar di kelas? Hmm…rasa-rasanya pertanyaan saya yang terakhir ini hanya retoris belaka. Jadi, cukup Anda jawab dalam hati saja. Bagaimana? Sepakat bukan?
Sederet pertanyaan yang lain sejujurnya masih mengantre di benak saya. Kebetulan saya termasuk guru yang lumayan “ramai” ketika sedang mengajar di kelas. Hampir selalu ada saja kalimat yang dapat saya lontarkan kepada para peserta didik di hadapan saya. Menjelaskan materi yang sedang dipelajari, itu pasti. Menyapa atau menegur peserta didik, itu juga saya lakukan. Memberikan apresiasi berupa pujian terhadap siswa yang berprestasi, baik dari segi sikap, maupun berprestasi secara akademik, apalagi. Jadi, sesungguhnya saya cukup syok tatkala harus mencoba menuliskan beberapa resep untuk guru yang pendiam dalam mengelola kelas. Betapa tidak, dalam pandangan awam saya, komunikasi antara seorang guru dengan para peserta didik menjadi salah satu kunci utama dalam menunjang keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar. Lha, kalau gurunya pendiam bagaimana? Jangan khawatir, sekalipun termasuk tipe guru yang pendiam, tidak menutup kemungkinan Anda akan tetap mampu mengelola kelas dengan baik dengan tiga resep berikut ini.
1.   Buatlah semacam kontrak belajar sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung, misalnya pada awal semester atau pada awal tahun ajaran baru. Kontrak belajar adalah kesepakatan-kesepakatan yang dibuat antara guru dan peserta didik. Misalnya, dibuat kesepakatan bahwa seluruh peserta didik harus menyimak saat guru sedang berbicara atau menjelaskan materi pelajaran. Hendaknya kontrak belajar dibuat secara tertulis dan ditempel di dinding kelas. Jika hal tersebut sudah menjadi kesepakatan bersama, guru akan lebih leluasa saat ia harus berbicara. Khusus untuk guru yang pendiam, resep pertama ini bisa jadi sangat membantu bukan?
2.   Gunakan kode tertentu yang menjadi budaya kelas. Misalnya kode tepuk tangan dari guru. Tatkala guru bertepuk tangan satu kali, artinya seluruh peserta didik harus duduk rapi. Tepuk tangan dua kali, artinya peserta didik harus memperhatiakan guru, dst.
3.   Gunakan berbagai metode/model pembelajaran yang bervariasi dan berpusat kepada peserta didik. Kegiatan seperti diskusi kelompok, bermain peran, berbagai games/permainan, performance/demonstrasi, melakukan percobaan dll. akan sangat diminati peserta didik. Selain itu, pemanfaatan berbagai media audio visual ataupun fitur-fitur yang ada dalam gadget untuk kegiatan pembelajaran tidak akan membuat siswa bosan. Dengan sendirinya hal tersebut akan banyak membantu guru.
Itulah tiga resep yang bisa saya share kapada Anda kali ini, Jujur ya, saya tidak bermaksud mengajari, Akan tetapi saya percaya, meskipun Anda guru yang pendiam, sesungguhnya Anda tetap guru yang hebat. Harapan saya, dengan resep sederhana tadi, baik saya maupun Anda, dapat mengelola kelas dengan lebih baik lagi. Selamat mencoba ya!


21 komentar:

  1. trm kasih Bu Lilis...spontan saja bu hehe

    BalasHapus
  2. Keren pak...
    Pasti ampuh resep nya ini untuk dipraktekkan di kelas..

    BalasHapus
  3. Makasih info nya..pak.. Guru saya Satu pendiam juga

    BalasHapus
  4. Nhaa ini, harus dicoba. Nomer 2 belum pernah nyoba. Terimakasih ilmunya pak πŸ™

    BalasHapus
  5. Satu hati kita pilih judul nya yaa he he, keren pa

    BalasHapus
  6. Satu hati kita pilih judul nya yaa he he, keren pa

    BalasHapus
  7. Pengalaman wktu ppl ini🀭🀭 perlu di coba deh trik ini utk mningkatkn kepercyaan diri..

    BalasHapus
  8. Pak dani ini keren tipsnya ...

    BalasHapus
  9. Wah pa Dani pengamat guru pendiem ya? mantap Pak tipsnya

    BalasHapus
  10. Sdikit berimajinasi bu..πŸ˜ƒ

    BalasHapus

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Rangkuman Koneksi antar Materi

  Sekolah merupakan lembaga pendidik yang berperan dalam memajukan SDM seutuhnya yang didalam terdapat kegiatan KBM yang terprogram dan terp...