Sabtu, 06 Juni 2020

Ngutang Resume


Ngutang Resume
Oleh: Dani Makhyar, M. Pd.

Tugas kedua membuat resume “Belajar Menulis Online Bersama Om Jay Gelombang ke-12” kali ini menorehkan suka-duka juga luka yang cukup mendalam. Lho, kok bisa? Betapa tidak, setelah menyimak paparan materi tentang “Mengubah PTK Menjadi Buku” yang disampaikan oleh pemateri andal dari Bandung, Bu Hati Nurahayu, S. Pd., pada Rabu, 3 Juni lalu hingga pukul 23 WIB lebih sedikit, besoknya pagi-pagi sekali aku harus sudah membelah kabut, meluncur ke tempat aku bertugas untuk menghadiri rapat dinas kelulusan siswa kelas IX.  Enam jam perjalanan pulang-pergi menaiki sepeda motor plus enam jam menghadiri rapat dinas tersebut menyisakan lelah dan rasa nyut-nyut-nyut di hampir sekujur tubuh hingga saat aku menuliskan coretan kecil ini. Aku terkapar kelelahan setelah kusempatkan bersih-bersih tubuh, mengisi perut sekadarnya, dan melaksanakan salat.
Dua hari kemudian, tepatnya pada Jumat pagi, aku sudah duduk manis di depan laptop. Tekadku sudah menggebu untuk segera melunasi “utang” resume pertemuan kedua. Namun, tiba-tiba sebuah notifikasi di HP mengalihkan perhatianku. Sederet pesan WA dari wakasek kurikulum menginformasikan bahwa ada salah satu siswaku yang nilainya tidak lengkap. Ketidaklengkapan tersebut dapat menyebabkan status kelulusan siswa jadi tertunda. Seketika saja aku kalang kabut dibuatnya. Niat muliaku menyelasaikan utang ke Om Jay pun langsung buyar. Seharian penuh kucoba menghubungi siswa yang bersangkutan, sebut saja inisialnya NK. Kuhubungi rekan-rekan guru dan teman-teman NK agar informasi dari wakakur bisa sampai di tangan NK. Hasilnya nihil senihil aku melunasi utang membuat resume pertemuan kedua ini. Karena lumayan lelah, sambil rebahan kuputar rekaman audio dari pemateri pertemuan ketiga yaitu Ibu Sri Sugiastuti, M. Pd. Akan tetapi, baru saja kupejamkan mata ini, tiba-tiba sebuah notifikasi dari HP terdengar nyaring. Aku terperanjat. “Pak Dani, mohon maaf saya baru mengumpulkan tugas hari ini (NK)”. Kukondisikan perasaanku yang campur aduk sedemikian rupa. Kubalas pesan NK dengan ucapan terima kasih, kulengkapi nilainya dan kukirim segera ke wakakur, lalu aku bobo manis. Tekadku masih menyala, besok pagi utangku harus segera kulunasi. Titik.
Kubuka Kembali laptopku. PR niat muliaku melunasi utang tetap berkobar. Kesalahanku hanya satu: membiarkan HP tergeletak cantik di sebelah laptop. Hingga peristiwa yang hampir serupa pun terjadi lagi. Sebuah notifikasi di HP mengalihkan perhatianku lagi. Tak tahan aku untuk segera membuka sebuah pesan di dalamnya. “Dani, Teteh sudah di depan rumah.” Gubrak…! Aku syok, terdengar suara pintu gerbang rumahku dibuka. tampak rombongan keluarga besar kakak perempuanku memasuki rumahku. Kututup kembali laptopku. Kusambut mereka dengan hangat. Aku larut dengan bincang dan derai tawa bersama mereka hingga Isya menjelang. Kulayani mereka dengan baik semampu aku bisa. Mereka pun berpamitan. Aku tetap tersenyum sekalipun kembali lelah mendera. Kuputuskan untuk berbaing sejenak di atas sofa. Tanpa sadar aku pun tertidur pulas. Lha, terus tugas resumenya bagaimana? Kondisinya tetap sama: masih ngutang hehe…
Maafkan saya ya Om Jay ganteng, please!

8 komentar:

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Rangkuman Koneksi antar Materi

  Sekolah merupakan lembaga pendidik yang berperan dalam memajukan SDM seutuhnya yang didalam terdapat kegiatan KBM yang terprogram dan terp...